Publikasi

Optimalkan Potensi Sedekah, Baznas Luncurkan Bogor Berzakat
Optimalkan Potensi Sedekah, Baznas Luncurkan Bogor Berzakat

adan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor meluncurkan program Bogor Berzakat di Balai Kota, Selasa (13/12). Langkah itu untuk mengoptimalkan potensi zakat masyarakat Kota Hujan.

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Baznas Kota Bogor, Subhan Murtadla menjelaskan, kota ini punya kemampuan potensi zakat, infak, maupun sedekah yang luar biasa. “Potensi itulah yang ingin kami suarakan lagi ke masyarakat,” imbuh Subhan.

Program Bogor Berzakat akan menghimpun zakat masyarakat dari berbagai kluster. Di antaranya mesjid, pasar, dinas-dinas pemerintahan, perusahaan swasta, dan sekolah.

Dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di berbagai kluster, dana itu kemudian disalurkan kembali kepada para penerima (mustahik) di lingkungan tersebut.

“UPZ di sekolah diprioritaskan untuk mengelola kegiatan atau santunan bagi siswa dan karyawan yang tidak mampu. Di perusahaan, dananya untuk menaikkan ekonomi karyawan lewat program mustahik to muzakki (m to m),” jelas Subhan.

Ketika tidak ditemukan mustahik di wilayah tersebut, zakat akan disalurkan ke daerah lainnya. Subhan meyakini, pengoptimalan zakat tersebut bisa membantu masyarakat hingga mengurangi jumlah kemiskinan.

“Kami berharap, masyarakat bisa sama-sama menunaikan zakat, gemar berinfak, bersedekah, dan juga mempedulikan masyarakat lain yang tidak beruntung. Kita sama-sama atasi masalah,” ucap dia.

Hingga saat ini, Baznas Kota Bogor sudah menghimpun UPZ dari 200 SD, 20 SMP, dan sejumlah rumah sakit. “Selanjutnya kita akan terus komunikasi untuk PAUD, SMA dan institusi lainnya,” tambahnya.

Soft launching Bogor Berzakat dihadiri perwakilan UPZ dan penerima manfaat. Sejumlah zakat disalurkan untuk penerima manfaat program petik berkah, rumah sehat, m to m, dan beasiswa sekolah maupun santri.

 

Sudahkah Anda Berzakat dan Berinfak Hari Ini ?