Publikasi

Keutamaan Istighfar
Keutamaan Istighfar

Setiap manusia tak luput dari kesalahan dan kekhilafan dalam kehidupan sehari-hari. Maka, sangatlah penting untuk manusia beristighfar atau meminta ampunan Allah SWT. Memperbanyak istighfar adalah cara agar mendapatkan ampunan dan kembali kepada jalan lurus Allah SWT.

Selain itu, istighfar mengandung banyak keutamaan, selain memohon ampunan kepada Allah. Banyak sekali manfaat istighfar, sehingga manusia selalu dalam hidayah Allah dan mendapatkan petunjuk dari ajaran Nabi Muhammad SAW.

Adapun bacaan istighfar adalah sebagai berikut:
Astaghfirullahal’adzim Alladzi La Ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu wa Atubu Ilaihi.
Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah yang tiada tuhan (berhak disembah) kecuali hanya Dia, Dzat Yang Maha Hidup Kekal dan Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya.”


Istighfar juga bisa melapangkan rezeki, menambah kekuatan dalam menghadapi hidup, memudahkan segala urusan, serta menenangkan hati.

Adapun dalil dari Sunnah Rasul shallallahu’alaihiwasallam yang menunjukkan bahwa memperbanyak istighfar merupakan salah satu kunci ketenangan hati, suatu hadits yang berbunyi:

"Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka" (H.R Ahmad dari Ibnu Abas dan sanadnya dinilai sahih oleh Al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Sudahkah Anda Berzakat dan Berinfak Hari Ini ?